Evaluasi dan Monitoring Program PR - Review 1 " Evaluasi Hasil "

Review selama mengikuti mata Kuliah E&M PR 

Review 1.

Evaluasi Hasil 
( Jefkins, Frank, Dasar – dasar PR; disempurnakan oleh Daniel Yadin, p170 – 178 )


Hakikat Hasil
1.        Dua jenis  hasil
-       Hasil Kualitatif, yaitu hasil – hasil dari kegiatan Public Relations ( PR ) Yang tidak dapat diukur secara statistic, melainkaln melalui pengalaman dan perbandingan nyata.
-       Hasil Kuantitatif, Yaitu hasil – hasil dari kegiatan PR ayang dapat diukur secara statistic berdasarkan angkah – angkah.

2.        Hasil – hasil nyata
Merupakan hasil – hasil yang bisa langsung dilihat tanpa perlu mengadakan survey pemasaran. Misalnya membaiknya hubungan dagang antara dua perusahaan. Hal itu jelas terlihat.

Beberapa metode Pengukuran
3.        Berdasarkan Tingkat Liputan
Keberhasilan suatu kegiatan PR antara lain dapat diukur  berdasarkan total pernyataan dari para calon konsumen, yang jika berkembang menjadi transaksi penjualan, perhitungannya akan lebih mudah dilakukan.

4.        Berdasarkan data statistic peringkat dan jumlah
Hal ini bisa dihitung berdasarkan  profil demografik yang diperoleh melalui yang diperoleh dari survey khalayak pembaca.  Hal ini juga dilihat dari jumlah eksemplar dan jumlah pembaca, dan status sosialnya.

5.        Evalusai berdsarkan sumber
Metode evaluasi ini adalah dengan cara menetapkan bobot atau nilai untuk setiap surat kabar atau majalah sehingga kita bisa mengetahui total nilai unutk setiap pesan PR yang disampaikan melalui masing – masing surat kabar atau majalah tersebut.

6.        Pengumpulan pendapat
Hal ini dilakukan dengan mewawancarai sejumlah sampel dari khalayak yang relevan pada interval waktu tertentu, misalnya enam bulan, sehingga dapat mengukur naik – turunnya pendapat atau tingkat keasadaran mereka akan suatu pesan PR.
7.        Evaluasi berdasarkan Umpan – Balik Statistik secara langsung
Hal ini terlihat dari umpan balik konsumen atau khalayak terhadap program atau kegiatan yang dilakukan oleh PR. Misalnya membuat video kegiatan perusahaan dan melihat hasilnya dari umpan balik yaitu meningkatnya jumlah konsumen atau pelamar kerja di perusahaan tersebut.

8.        Umpan Balik media
PR harus terus memonitor liputan media. Bila ada pemberitaan skeptis maka harus segera membuat mews release, dll. Tapi kalau pemeberitaannya baik, maka program PR tersebut berhasil.

9.        Pengukuran peningkatan pemahaman
Penerbitan suatu majalah khusus unutk para dealer ternyata dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai produk – produk dari perusahaan bersangkutan. Sehingga dalam proses selanjutanya dapat berjalan dengan lebih baik sebab mereka memiliki pemahaan lebih terhadap produk tersebut.

10.     Hasil yang diinginkan
Berbagai kegiatan PR memang perlu dilakukan  untuk menjangkau hal – hal positif yang dinginkan . namun hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan apa yang ingin kita capai.

Comments

Popular posts from this blog

“ Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi “

Teori Komunikasi Massa

NEGOSIASI