Friday, July 26, 2013

Apa Essensi dari Mata Kuliah Management Industri PR??? ini pendapat saya lohhh :)



Enos Rudy Jovan Tomasila 915100170
Kesimpulan “ essensi dari Mata Kuliah Management Industri PR “

        Selama mengikuti perkuliahan MIPR, dapat saya simpulkan bahwa Dunia Public Relations telah menjadi sebuah industry bagi para professional PR dan orang orang yang dalam pekerjaannya berhubungan dengan komunikasi. Dalam hal ini lebih banyak ditekankan antara komunikasi perusahaan baik Eksternal maupun Internal.

Dalam mengatur komunikasi tersebut, tentunya dibutuhkan strategi dan manajemen yang baik akan sumber daya yang ada. Melalui MIPR ini, kita sebagai calon PR mampu mengetahui dan memiliki gambaran seperti apa dunia PR  perusahaan, lembaga, institusi dalam mengatur Komunikasinya.
Manajemen sendiri merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pemimpinan, pengorganisasian, dan pengendalian.  Dari hal ini kita bisa melihat bahwa kegiatan PR dalam sebuah perusahaan / Industrinya sangat kompleks dan berkesinambungan. Seorang PR bukan hanya bekerja untuk saat ini saja tapi dia mengerjakan sesuatu yang terencanan dan berkesinambungan.  Kita bisa melihat kegiatan kegiatan dan strategi apa saja yang digunakan oleh PR dalam berkomunikasi dnegan khalayaknya serta mampu menganalisis khalayak PR.
PR dalam prakteknya akan mengatur strategi komunikasi dengan khalayak perusahaannya. Karena itu dia harus mengenal dengan baik karakteristik khalayaknya. Dengan demikian dia tahu startegi dalam memanage mereka.  Seperti komunikasi internal, dengan menggunakan budaya, iklim perusahaan ia harus dapat membuat startegi komunikasi yang sesuai dengan budaya perusahaan maupun karakteristik pegawainya. Sehingga dalam pengaturannya mampu berjalan efektif.
Untuk komunikasi Eksternal lebih kompleks karena ia akan bersentuhan dengan khalayak dengan jumlah yan lebih besar dan heterogen. Karena itu kegiatan monitoring sangat diperlukan. Dalam memenej komunikasi dengan pihak ekseternal, PR harus mampu menjalin relasi dengan mereka melalui pendekatan pendekatan yang jitu. Pendekatan tersebut tentunya akan memberi dampak positif kepada perusahaan. Hubungan baik dengan pihak ekseternal bila mampu disiasati, diatur, dan dikelolah dengan baik mampu menjadi kekuatan bagi perusahaan. Contohnya dengan pemerintah, bila telah terjalin dengan baik tentu saja sangat mengguntungkan perusahaan baik dalam masalah perizinan Operasional hingga mempengaruhi kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan tentunya.
Degan media, perusahaan harus mampu menjalin relasi dengan media, sehingga mampu memperoleh ruang untuk publisitas yang luas, dan menjadikan media partener dalam publisitas. Selain itu hubungan dengan investor, supliers, dll harus tetap diaturdan dikelolah dengan baik.
Semuanya tentu saja memiliki startegi dan pengaturan yang harus terencana dengan baik, dilaksanakan, dikendalikan dan dikontrol dengan baik.
Diluar itu keahlaian besar yang harus dimiliki seorang PR adalah ketanggapan dalam mengelolah isu dan analysis potensi krisis, serta keahlian lain yang berhubungan dengan perusahaannya. Selama ini Profesi PR hanya dikaitakan denga Marketing, namun dengan belajar MIPR kita jadi tahu lebih dalam bahwa PR memiliki area dan specialisasi yang lebih banyak dan variatif.
Industry PR kini telah menjadi industry yang berkembang pesat mengingat setiap persahaan kini telah melihat peranan PR secara serius dalam mengelolah komunikasi perusahaan. PR juga memiliki prospek yang signifikan kedepannya. Selain itu kita juga bisa tahu bahwa dlam profesinya terdapat etika etika PR yang harus dipatuhi.
Karena itu dengan belajar MIPR, kita nantinya yang akan terjun kedunia PR khususnya perusahaan memiliki gambaran tentang dunia PR dan pekerjaannya, startegi dan bagaimana membina hubungan melalui komunikasi.

No comments:

Post a Comment