Universitas Tarumanagara " lingkungan kampus mendukung suasana belajar "


Suasana Ruang Publik
UnTar, 30 november 2010

Universitas Tarumanagara merupakan salah satu universitas swasta tertua dan ternama di Jakarta. Dengan beberapa gedung kampus, Untar berusaha menciptakan lingkungan kampus yang aman dan nyaman dengan menyediakan dan menjaga layanan ruang public yang baik. Berikut ini adalah pengamatan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi ( FiKom ) terhadap situasi dan kondisi beberapa ruang public yang ada di kampus I UnTar.
Gedung utama universitas Tarumanagara, terlihat sangat mewah, dan megah. Kemegahannya terasakan saat memasuki lobi utama di lantai 1 ( satu ). Seperti biasanya, hari ini lobi utama tetap ramai, baik dari mahasiswa, pegawai Untar, pegawai bank yang ada seperti BNI, dan bank MEGA, hingga petugas keamanan dan office boy. Semua orang terlihat sibuk dengan kegiatan mereka. Satpam menjaga pintu utamadan siap menyambut setiap orang yang masuk. Banyak mahasiswa yang berlalu-lalang, baik mahasiswa Fikom yang memang gedung kuliahnya dilantai 11, maupun mahasiswa fakultas lain yang ingin menuju TKC ( Tarumanagara Knowledge Center ) d lantai 7. Semuanya harus melalui lobi utama, karena akses menuju ke tempat tempat tersebut melalui lobi utama. Hari ini juga terlihat beberapa office boy ( OB ) sedang mengangkut barang ke lantai 21, maupun ada juga yang sedang merapihkan palang. Selain itu kesejukannya pun dimanfaatkan oleh beberapa mahasiswa untuk sekedar nongkrong dan berbincang bincang.
Selain itu Gedung utama untar juga memiliki halaman yang cukup luas, dan bersih. Dihalaman gedung utama  terdapat pohon- pohon besar, air mancur, batu prasasti yang membuat halaman gedung utama ini menjadi indah. Ditambah angin yang cukup sejuk menjadi tempat yang epat untuk bersantai para mahasiswa khususnya mahasiswa FiKom UnTar. Halaman ini banyak diminati para mahasiswa untuk tempat bersantai, bermain, dan tempat untuk saling berkomunikasi. Banyak mahasiswa untar yang berdaa di halaman membuat halaman menjadi ramai dan jarang sekali sepi.

Berbeda dengan loby utama, dan halaman gedung utama, di kampus book store situasi terlihat sangat lengang.  Ada beberapa orang saja  yang terlihat sedang membaca buku di rak sebelah kanan. Para pegawai sedang merapikan buku buku dari dusnya. Sedangkan kasirnya terlihat sedang memainkan HPnya. Terlihat juga beberapa mahasiswa sedang berbincang-  bincang dengan seru di depan pintu masuknya. Hal serupa juga terjadi di ruangan audiovisual, TKC.  Ruangan yang biasanya ramai dan dipadati mahasiswa saat ini sepi dikarenakan ruangan tersebut tutup. Menurut informasi dari penjaga perpustakan, ruangan tersebut tutup karena petugasnya berhalangan hadir, dan untuk sementara tidak ada penggantinya. Hal ini menyebabkan mahasiswa yang awalnya ingin ke ruang tersebut akhirnya mengisi waktu dengan membaca buku, dan berdiskusi. Diperpustakaan TKC sendiri peminat baca dikalangan mahasiswa tercatat cukup banyak. Mereka datang untuk sekedar  membaca dan mecari- cari informasi lainnya. Keadaan saat ini cukup ramai, banyak mahasiswa yang edang berdiskusi dan mengerjakan tugas kuliahnya. Ada juga yang sedang tidur karena suasana dan tempatnya yang nyaman.

Dibeberapa titik juga yang letaknya terpisah dengan gedung utama seperti bank mandiri juga terlihat ramai. Setiap harinya bank mandiri selalu ramai, didatangi orang orang. Bank mandiri  dbuka mulai jam 08 pagi hingga jam 4 sore. Para pegawai bank terdiri dari 1 teller, 3 custumor service, dan 1 satpam, juga beberapa pegwai dalam ruangan tertentu. Setiap pagi, siang, sore elalu ada orang dating untuk menyetor uang, mengambil uang,membuka tabungan, bahkan ada yang melapor jika kartu ATMnya rusak. Semuanya pegawai bank mandiri sangat ramah dan murah senyum. Dan hal serupa juga terjadi bukan hanya di bank mandiri, namun juga bank BCA. Seperti  biasanya keadaan di bank BCA untar cukup ramai, banyak orang yang dating untuk menyimpan dan mentransfer uang. Selain itu mahasiswa untar juga memperoleh kemudahan pembayaran uang kuliah melalui bank BCA.

Selain kesibukan di bank, penggunaaan fasilitas ATM di kampus UnTar juga sangat padat. Suasana ATM center di untar khususnya kampus I sangat ramai, antriannya sangat panjang. kondisi mesin ATM disini sungguh rusak dan tidak terawatt karena banyak mahasiswa yang mencoret-coret dan mengotori mesin ATM tersebut dan suasana sangat hangat meski ada angin berhembus tanpa ada security mengawasi.
Namun diantara semua keramaian itu, tak ketinggalan pula Keramaian mahasiswa pada GOR(Gelanggang Olaraga ) yang teletak di lantai 8 gedung parkir. Suasana gelanggang olahraga untar ( GOR ) ramai dan sejuk, walaupun tertutup namun disana sangat sejuk sehingga banyak orang disana. Ada yang bermain badminton, basket, sampai yang pacaranpun ada disana. Kemudian di gym ( fitns center ) juga terlihat ramai. Banyak orang yang berolahraga dari pria sampai wanita ada disana, tubuh mereka juga sudah kekar dengan otot dari bicep, dada,sampai bahu, dan jika tidak tahu cara memainkan atau langkah langkahnya, Disana ada para trainer yang siap membantu dan juga ada tempat ganti pakaian.

Layanan ruang public yang baik, tentunya akan memberikan kesan yang baik pula tentang keadaan kampus tersebut, serta ikut menciptakana suatu lingkungan yang baik dalam menunjang kegiatan sehari- hari. Seperti halnya di kampus I untar, penyediaan layanan public cukup baik bagi kegiatan sehari-hari  semua warga kampus.  Hal ini menyebabkan ruang public memang selalu menjadi tempat yang ramai bagi seluruh warga kampus.

Comments

Popular posts from this blog

“ Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi “

Teori Komunikasi Massa

NEGOSIASI