Apa Essensi dari Mata Kuliah Management Industri PR??? ini pendapat saya lohhh :)
Enos
Rudy Jovan Tomasila 915100170
Kesimpulan “ essensi
dari Mata Kuliah Management Industri PR “
Selama
mengikuti perkuliahan MIPR, dapat saya simpulkan bahwa Dunia Public Relations
telah menjadi sebuah industry bagi para professional PR dan orang orang yang
dalam pekerjaannya berhubungan dengan komunikasi. Dalam hal ini lebih banyak
ditekankan antara komunikasi perusahaan baik Eksternal maupun Internal.
Dalam
mengatur komunikasi tersebut, tentunya dibutuhkan strategi dan manajemen yang
baik akan sumber daya yang ada. Melalui MIPR ini, kita sebagai calon PR mampu
mengetahui dan memiliki gambaran seperti apa dunia PR perusahaan, lembaga, institusi dalam mengatur
Komunikasinya.
Manajemen
sendiri merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pemimpinan,
pengorganisasian, dan pengendalian. Dari
hal ini kita bisa melihat bahwa kegiatan PR dalam sebuah perusahaan /
Industrinya sangat kompleks dan berkesinambungan. Seorang PR bukan hanya
bekerja untuk saat ini saja tapi dia mengerjakan sesuatu yang terencanan dan
berkesinambungan. Kita bisa melihat
kegiatan kegiatan dan strategi apa saja yang digunakan oleh PR dalam
berkomunikasi dnegan khalayaknya serta mampu menganalisis khalayak PR.
PR
dalam prakteknya akan mengatur strategi komunikasi dengan khalayak
perusahaannya. Karena itu dia harus mengenal dengan baik karakteristik
khalayaknya. Dengan demikian dia tahu startegi dalam memanage mereka. Seperti komunikasi internal, dengan
menggunakan budaya, iklim perusahaan ia harus dapat membuat startegi komunikasi
yang sesuai dengan budaya perusahaan maupun karakteristik pegawainya. Sehingga
dalam pengaturannya mampu berjalan efektif.
Untuk
komunikasi Eksternal lebih kompleks karena ia akan bersentuhan dengan khalayak
dengan jumlah yan lebih besar dan heterogen. Karena itu kegiatan monitoring
sangat diperlukan. Dalam memenej komunikasi dengan pihak ekseternal, PR harus
mampu menjalin relasi dengan mereka melalui pendekatan pendekatan yang jitu.
Pendekatan tersebut tentunya akan memberi dampak positif kepada perusahaan.
Hubungan baik dengan pihak ekseternal bila mampu disiasati, diatur, dan
dikelolah dengan baik mampu menjadi kekuatan bagi perusahaan. Contohnya dengan
pemerintah, bila telah terjalin dengan baik tentu saja sangat mengguntungkan
perusahaan baik dalam masalah perizinan Operasional hingga mempengaruhi
kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan tentunya.
Degan
media, perusahaan harus mampu menjalin relasi dengan media, sehingga mampu
memperoleh ruang untuk publisitas yang luas, dan menjadikan media partener
dalam publisitas. Selain itu hubungan dengan investor, supliers, dll harus
tetap diaturdan dikelolah dengan baik.
Semuanya
tentu saja memiliki startegi dan pengaturan yang harus terencana dengan baik,
dilaksanakan, dikendalikan dan dikontrol dengan baik.
Diluar
itu keahlaian besar yang harus dimiliki seorang PR adalah ketanggapan dalam
mengelolah isu dan analysis potensi krisis, serta keahlian lain yang
berhubungan dengan perusahaannya. Selama ini Profesi PR hanya dikaitakan denga
Marketing, namun dengan belajar MIPR kita jadi tahu lebih dalam bahwa PR
memiliki area dan specialisasi yang lebih banyak dan variatif.
Industry
PR kini telah menjadi industry yang berkembang pesat mengingat setiap persahaan
kini telah melihat peranan PR secara serius dalam mengelolah komunikasi
perusahaan. PR juga memiliki prospek yang signifikan kedepannya. Selain itu
kita juga bisa tahu bahwa dlam profesinya terdapat etika etika PR yang harus
dipatuhi.
Karena
itu dengan belajar MIPR, kita nantinya yang akan terjun kedunia PR khususnya
perusahaan memiliki gambaran tentang dunia PR dan pekerjaannya, startegi dan
bagaimana membina hubungan melalui komunikasi.
Comments
Post a Comment