Evaluasi dan Monitoring Program PR - Review 1 " Evaluasi Hasil "
Review selama mengikuti mata Kuliah E&M PR
Review
1.
Evaluasi
Hasil
( Jefkins, Frank, Dasar
– dasar PR; disempurnakan oleh Daniel Yadin, p170 – 178 )
Hakikat Hasil
1.
Dua jenis hasil
- Hasil Kualitatif, yaitu hasil – hasil
dari kegiatan Public Relations ( PR ) Yang tidak dapat diukur secara statistic,
melainkaln melalui pengalaman dan perbandingan nyata.
- Hasil Kuantitatif, Yaitu hasil – hasil
dari kegiatan PR ayang dapat diukur secara statistic berdasarkan angkah – angkah.
2.
Hasil – hasil nyata
Merupakan
hasil – hasil yang bisa langsung dilihat tanpa perlu mengadakan survey
pemasaran. Misalnya membaiknya hubungan dagang antara dua perusahaan. Hal itu jelas
terlihat.
Beberapa
metode Pengukuran
3.
Berdasarkan Tingkat Liputan
Keberhasilan
suatu kegiatan PR antara lain dapat diukur
berdasarkan total pernyataan dari para calon konsumen, yang jika
berkembang menjadi transaksi penjualan, perhitungannya akan lebih mudah
dilakukan.
4.
Berdasarkan data statistic peringkat dan
jumlah
Hal
ini bisa dihitung berdasarkan profil
demografik yang diperoleh melalui yang diperoleh dari survey khalayak
pembaca. Hal ini juga dilihat dari
jumlah eksemplar dan jumlah pembaca, dan status sosialnya.
5.
Evalusai berdsarkan sumber
Metode
evaluasi ini adalah dengan cara menetapkan bobot atau nilai untuk setiap surat
kabar atau majalah sehingga kita bisa mengetahui total nilai unutk setiap pesan
PR yang disampaikan melalui masing – masing surat kabar atau majalah tersebut.
6.
Pengumpulan pendapat
Hal
ini dilakukan dengan mewawancarai sejumlah sampel dari khalayak yang relevan
pada interval waktu tertentu, misalnya enam bulan, sehingga dapat mengukur naik
– turunnya pendapat atau tingkat keasadaran mereka akan suatu pesan PR.
7.
Evaluasi berdasarkan Umpan – Balik
Statistik secara langsung
Hal
ini terlihat dari umpan balik konsumen atau khalayak terhadap program atau
kegiatan yang dilakukan oleh PR. Misalnya membuat video kegiatan perusahaan dan
melihat hasilnya dari umpan balik yaitu meningkatnya jumlah konsumen atau
pelamar kerja di perusahaan tersebut.
8.
Umpan Balik media
PR
harus terus memonitor liputan media. Bila ada pemberitaan skeptis maka harus
segera membuat mews release, dll. Tapi kalau pemeberitaannya baik, maka program
PR tersebut berhasil.
9.
Pengukuran peningkatan pemahaman
Penerbitan
suatu majalah khusus unutk para dealer ternyata dapat meningkatkan pemahaman
mereka mengenai produk – produk dari perusahaan bersangkutan. Sehingga dalam
proses selanjutanya dapat berjalan dengan lebih baik sebab mereka memiliki
pemahaan lebih terhadap produk tersebut.
10.
Hasil yang diinginkan
Berbagai
kegiatan PR memang perlu dilakukan untuk
menjangkau hal – hal positif yang dinginkan . namun hal utama yang harus
dilakukan adalah menentukan apa yang ingin kita capai.
Comments
Post a Comment