Komunikasi Massa - Kunjungan internal ke VOMS Radio


 Dalam satu semester ini, saya akan ditemani dengan hal hal yang berhubungan dengan media. Mulai dari menulis hingga wawancara ke media. Inilah pengalaman yang akan anda lewati bila berganung bersama di kelas Komunikasi Massa. Berikut ini salah satu tugas banyangan sebelum menyelesaikan tugas akhir yaitu mengunjungi media. 

sebelum mengunjungi media, wawancara dan menyajikan hasilnya kedalam buletin 4 halaman, kami ditugaskan untuk mengunjungi VOMS radio. Voms ini merupakan radio di Untar, yang telah berdiri cukup lama. kunjungan ini menjadi gambaran bagi mahasiwa komas 2011 untuk nantinya menyelesaikan tugas akhir, yakni mengujungi media yang ada di jakarta. 

pendahuluan


Dewasa ini, media massa telah  menjadi prioritas dalam keseharian masyarakat. Salah satunya adalah Radio.  Radio adalah merupakan salah satu media komunikasi massa, yang berkembang sejak perang dunia pertama.  Radio awalnya menjadi  media massa terpenting di Eropa. Melalui radio semua orang bisa tahu perkembangan dari perang. Di Indonesia sendiri, radio memiliki sejarah dan contribusi yang besar bagi kemerdekaan bangsa ini.  Seiring perkembangan zaman, Radio telah memiliki tempat khusus d benak masyarakat. Radio bukan lagi menjadi saluran komunikasi tapi juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat.

Kini di Indonesia jumlah radio sangat besar jumlahnya. Salah satnya adalah The Voice Of Metropolitan Student  ( VOMS ) radio,  yang telah berdiri sejak 50 tahun yang lalu.  Sejak dahulu VOMS radio menjadi radio komunitas di Universitas Tarumanagara, untuk menjadi media komunikasi bagi komunitas kampus.  Radio komunitas ini merupakan radio yang merupakan bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) yang berusaha melatih mahasiswa untuk berkomunikasi, sekaligus sarana publisitas Universitas. Namun hingga saat ini, VOMS radio telah menjadi radio yang didengar oleh audience di luar universitas. Dengan kata lain Voms Radio kini telah menjadi radio komersil, bukan lagi radio komunitas.

Radio yang mengudara setiap hari dari jam 10.00 am – 10.00 pm, memiliki segmentasi pelajar dari tingkat SMA hingga kuliah, dengan segmentasi dan konten yang menarik bagi pendengarnya.

Konten VOMS radio.
Hingga Saat ini  ada sekitar  20 program acara, yang disajiakn oleh Voms Radio. Pemilihan acara dan komten dalam Voms radio dilakukan melalui rapat kerja Badan pengurus Harian inti, yang dilakukan 1 tahun sekali. Dalam rapat tersebut mereka memutuskan program acara beserta konten yang akan disajikan. Beberapa indicator penting yang biasanya dijadikan pertimbangan dalam konten adalah konten bersifat menghibur, up to date / sesuai massa, dan melihat ke jangkah panjangnya.
Dibawah ini daftar program acara dari VOMS radio:

SPASODA ( Selamat Pagi Sobat Muda ) - ( Senin - Jumat dari jam 10.00 - 12.00 ). Menyajikan ragam berita ter-Up to Date diselingi lagu-lagu pilihan.

LUNCH TIME ( Senin – Jumat, 12.00 - 13.00 ). Memberi warna pada santap siang Sobat Muda dengan menghadirkan lagu-lagu pilihan serta tips/informasi seputar dunia kuliner.

MUSIC & NEWS ( Senin – Jumat, 13.00 - 16.00 ). Paduan dari musik dan berita santai menjadi kombinasi sempurna dalam menemani jalannya aktifitas .

VOMS AIRPLAY (Senin – Rabu , jam 17.00 - 19.00 ). Di acara Voms Airplay (VA) Sobat Muda akan disuguhi lagu-lagu dari chart-chart yang ada di Radio UNTAR. Diselingi informasi ringan, Sobat Muda juga bisa me-request lagu yang terdaftar dalam chart-chart Radio UNTAR.

CHART OF THE CHART. Kalo ingin tahu lagu-lagu apa aja yang lagi ada di chart Radio UNTAR tongkrongin aja acara :
1.       Chart Top 30 ( Kamis  jam 17.00 - 19.00 ). Berisikan lagu – lagu barat, acara chart Top 30 juga akan mengupas informasi seputar lagu dan artis dalam chart.
2.       Chart 20 Teratas ( Jumat jam 17.00 - 19.00 ). Review 20 lagu anak bangsa berkualitas yang masuk dalam chart 20 Teratas Radio Universitas Tarumanagara
3.       Chart 10 Rock Action ( Senin jam 16.00 - 17.00 ) . Selain memutarkan lagu – lagu rock berkualitas, chart 10 Rocks Action Radio UNTAR sendiri merupakan pionir dan satu – satunya chart lagu Rock di Jakarta.
4.       Asian in Pop ( Jumat  jam 16.00 - 17.00 ). Buat kamu para penggila lagu Asia, di sini Sobat Muda bisa dengerin lagu-lagu Asia berkualitas serta review artis yang masuk dalam chart Asian In Pop.
ZODIAK ( Selasa, 16.00-17.00 ). Memberi informasi zodiac.

PROYEKTOR ( Rabu, jam 16.00 – 17.00 ). Proyektor  untuk membahas film- film terbaru yang akan ditayangkan. Pada acara ini, Sobat Muda juga dapat me-request semua lagu soundtrack dari film kesayangan kamu.

BAHAS ALBUM ( Kamis, 16.00-17.00 ). Pengen Up to Date lagu-lagu dari artis kesayangan kamu yang baru saja merilis album? Dengerin aja acara Bahas Album di hari Kamis dari jam 4 hingga 5 sore tiap minggunya. Selain tahu lagu-lagu baru, kamu juga akan disajikan informasi terkini baik dari sang artis atau pun seputar album tersebut.

VOMS NIGHT FEVER ( Senin – Jumat, 19.00-22.00 ). Radio UNTAR bakal nemenin malamnya Sobat Muda dengan memutarkan lagu-lagu pilihan serta lagu request-an kamu selama 3 jam penuh di acara VOMS Night Fever. Tidak hanya itu, sobat muda juga berpartisipasi lewat topik hangat yang akan dibuka oleh penyiar Radio UNTAR.

WHARAS ( Sabtu, 10.00 - 13.00 ). Ini nih salah satu ciri khas dan acara handalnya Radio UNTAR yaitu Wharas alias Wharung Asia. Kecintaan kamu terhadap lagu Mandarin, Korea, Jepang dan lagu Asia lainnya pasti akan terpenuhi lewat lagu-lagu yang akan diputar oleh penyiar Radio UNTAR. Kamu juga bisa request lagu Asia favorit kamu di acara ini selama 3 jam penuh.

MUSIK UNTUK REQUEST INDONESIA (MURI) ( Sabtu, 13.00-16.00 ). Sesuai dengan namanya, keseluruhan acara akan menyiarkan lagu-lagu dan informasi seputar artis dalam negeri saja. Buat Sobat Muda yang mau dengerin lagu Indonesia dari artis kesayangan, kamu juga bisa me-request-nya di acara ini.

ASLI INDONESIA ( Sabtu, 16.00 – 17.00 ). Tambah informasi dan pengetahuan kamu seputar negara tercinta kita, hanya di acara ASLI INDONESIA di hari Sabtu sore.

DOUBLE ACTION ( Sabtu, 17.00 – 19.00 ). Di acara ini kamu bisa langsung request 2 lagu dari penyanyi yang sama dengan judul berbeda, ataupun 2 lagu yang memiliki judul sama tapi dari penyanyi yang berbeda.

VOMS SPORT ( Minggu, 10.00 - 11.00 ). Radio UNTAR akan memberikan info-info terkini dari dunia olahraga yang perlu diketahui oleh Sobat Muda.

HELLO VOMS ( Minggu, 11.00 - 14.00 ). Di hari minggu yang cerah Radio UNTAR punya acara yang bisa bikin Sobat Muda lebih asyik. HELLO VOMS. Di acara ini, Radio UNTAR memberikan kesempatan buat Sobat Muda untuk request lagu sekaligus ikutan topik yang fun, yang pasti lebih menceriakan hari Minggu kamu.

KARAKU ( Minggu, 14.00 - 15.00 ). KaRaKu( Karakter dan Ramalanku ) merupakan acara dimana Sobat Muda dapat mengetahui karakter dan masa depan Sobat Muda melalui teknologi mutakhir berdasarkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran Sobat Muda. Untuk hasilnya Sobat Muda dapat mencoba sendiri dengan request via sms ataupun online setiap hari Minggu jam 2 hingga 3 sore.

TESO ( Minggu, 15.00 - 17.00 ). TESO adalah singkatan dari “Nge-teh Sore – Sore” dan sesuai dengan namanya acara ini bisa dinikmati sambil menikmati secangkir teh hangat di Minggu siang Sobat Muda. Lagu slow beat yang diputarkan akan menambah teduh suasana Sobat Muda tentunya.

WEEKEND VOMS NIGHT FEVER ( Sabtu, 19.00 - 22.00 & Minggu, 17.00 - 20.00 ). WEEKEND VOMS NIGHT FEVER menjawab kebutuhan Sobat Muda yang ingin curhat dan butuh teman ngobrol di malam minggu. Sobat Muda juga bebas berinteraksi lewat request lagu kesayangan dan juga topik yang akan dibuka oleh penyiar Radio UNTAR.

Dengan beragam acara yang disajikan oleh Voms Radio, kini voms radio telah berhasil menjdikan diri sebagai salah satu radio yang memiliki banyak pendengar bukan hanya di Jakarta, namun juga di beberapa daerah seperti Palembang, bandung, dll.

Comments

Popular posts from this blog

“ Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi “

Teori Komunikasi Massa

NEGOSIASI