Delta Werken " inovasi Belanda melawan Bencana "

kota Roterdam dengan kanal kanal


Belanda dikenal dengan sebuatan Netherland, yang berarti daratan yang lebih rendah dari permukaan laut. Secara sekilas terdengar tak masuk akal bagi kita. Namun hal ini benar benar nyata. Luas daratan Negara kincir angin ini tak lebih besar dari  luas pulau jawa. Secara topografi memang Belanda kurang beruntung. Namun karena ketidak beruntungan tersebut menjadikan Negara ini belajar untuk berinovasi dalam merubah ketidak beruntungan tersebut.  Dan dengan Inovasi  yang mereka kembangkan mereka mampu memperluas wilayah mereka dengan  mengeringkan laut. Bahkan membuat daratan mereka lebih rendah dari laut.  


salah satu proyek Delta work

Salah satu proyek besar yang mampu mengubah ketidakberuntunga tersebut adalah Delta work. , Delta Works tercatat sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia modern. Berawal dari Sakit hati Belanda akibat bencana banjir tahun 1953 menjai tolak awal  megaproyek ini.  DeltaWorks dibangun setelah banjir tahun 1953, dan selesai pada tahun 1997, dibutuhkan waktu selama 44 tahun dan memakan biaya 8 miliiar dolar untuk membangun bendungan yang diklaim mampu  menahan badai besar yang hanya muncul sekali dalam 10.000 tahun, dengan tinggi 13 meter diatas permukaan laut. Struktur  bangunannya dua kali lebih tinggi dibandingan bendungan New Orleans dan deltaworks memakan biaya perawatan 500 juta dollar tiap tahunnya.
  
Banjir 1953 di Belanda

Teknologi yang mereka gunakan telah teruji bertahun tahun dan kini bahkan diadaptasi hampir diseantero dunia.  Terbukti, hingga saat ini, proyek rumit yang diselesaikan dalam kurun waktu 44 tahun tersebut, berhasil “mengamankan” Belanda dari bahaya banjir bahkan  membuat sistem pengelolaan air di Belanda menjadi yang terbaik di dunia. Dapat  dikatakan bahwa Delta Works berhasil “menciptakan” Belanda itu sendiri.  Delta Works secara tidak langsung memberikan arahan terhadap tata kota Belanda: kanal-kanal yang indah, jalur air yang sangat berguna bagi transportasi, dan lain sebagainya.

kanal di Amsterdam
 

Polder, dam, dan kanal merupakan istilah istilah yang tak akan terlepas dengan Negara ini. Semua berawal sejak tahun 1953, dimana daratan zeeland di Belanda diterjang banjir yang menewaskan ribuan orang. 20 hari setelah kejadian tersebut, pemerintah segera membentuk komisi Delta yang akan menangani masalah tersebut. Panitia ini yang akan memberikan saran tentang pembuatan dan proses pengerjaan Delta tersebut, yang diharapkan mampu mencegah Belanda dari bencana banjir di masa depan.

Dengan  kondisi yang seperti itu, maka  The Dutch ( sebutan orang Belanda ) segera bertindak. Mereka mulai menciptakan suatu inovasi teknologi bagi negaranya dari yang tradisional hingga High Quality Technology. Karena daratan Belanda sebagian besar berada di bawah permukaan laut, maka dibangunlah pematang raksasa atau yang biasa disebut duinen . Tanah-tanah rendah itu dibentengi dengan bukit-bukit pasir raksasa yang membentang luas dari wilayah selatan bagian Belgia hingga ke bagian utara yaitu wilayah Groningen dan Friesland. Selain itu, ada juga usaha untuk  pembuatan bendungan yang tidak begitu besar karena kawasan reklamasi yang terbatas, lalu pekerjaan berkembang dengan melakuakan pengeringan danau dan rawa-rawa pada abad ke-16. Hal ini juga merupakan usaha untuk memperluas daratan.

proyek Delta dengan teknologi yang canggih

Setelah beberapa tahun pematang raksasa yang merupakan bukit-bukit pasir itu ditumbuhi oleh rerumputan dan belukar, juga berbagai pohon. Sehingga bukit-bukit tersebut kuat dan kokoh dari terjangan ombak, banjir oleh air laut dan tidak terjadi longsor. Sedangkan pada danau dan rawa-rawa yang dikeringkan, lahan yang sudah kering oleh adanya air, diolah untuk lahan pertanian mereka, jalan-jalan dibangun dan parit dan jaringan digali, serta peternakan dibangun. Pada beberapa dekade berikutnya, pekerjaan selanjutnya pada memanajemen air.

Memang sepertinya kita bukan siapa-siapa apabila dibandingkan dengan Belanda, namun kita bisa belajar bagaimana menghadapi masalah dan bukan menghindari masalah seperti Belanda yang selalu saja dihantui oleh banjir karena permukaan tanahnya yang di berada di bawah permukaan laut. Andai saja Indonesia mampu seperti itu, sepertinya Jakarta tidak akan pernah lagi kebanjiran.

Denga adanya delta work maka memberikan beragam dampak dan manfaat bagi Negara kincir angin tersebut, diantaranya  Selain memperpendek total panjang tanggul dengan 700 kilometer, Pekerjaan Delta memiliki kelebihan lainnya.
-           Pasokan  air tawar pertanian telah ditingkatkan. Karena perbatasan antara air tawar dan air asin itu bergerak lebih jauh ke barat, air tawar kurang diperlukan untuk menyeimbangkan pembagian air tawar-air asin. Kelebihan air dapat diangkut ke bagian utara Belanda, di arah IJsselmeer (Ijssel danau), di mana air tawar ekstra disambut untuk memperbaiki kondisi air.
-          Keseimbangan  air lengkap dari daerah Delta ditingkatkan. Berkat pembangunan bendungan utama dan pembantu, sungai di daerah ini bisa dimanipulasi dengan lebih mudah. Berbagai jenis pintu air memungkinkan untuk memungkinkan air segar, atau air yang tercemar atau kelebihan keluar.
-          pembangunan Delta Works lalu lintas didorong antara banyak pulau dan semenanjung. Sebagian besar provinsi Zeeland telah benar-benar diisolasi selama berabad-abad. Pembangunan Jembatan Zeeland bersama-sama dengan  terowongan bawah Westerscheldetunnel (2003), juga membantu meningkatkan mobilitas.
-           pengiriman lintas air ini didukung oleh Pekerjaan Delta. Pada tahun 1976, Belgia dan Belanda menandatangani kontrak yang akan mengatur pengiriman antara pelabuhan Antwerpen dan Rotterdam. Jelas, perjanjian ini harus dipertimbangkan ketika membangun Pekerjaan Delta.
-          Pekerjaan Delta telah mempengaruhi perkembangan baru di bidang alam dan rekreasi. Maklum, sejumlah cagar alam yang irreparably rusak, tetapi sebagai kompensasi, cagar alam baru telah muncul di lokasi yang berbeda.
Proyek mega power ini merupakan bukti nyata kesungguhan dan kreatifitas Belanda dalam memperbaiki diri. Belanda belajar dari pengalaman dan menjadikannya sebagai landasan awal berkreasi demi masa depan yang lebih baik. Dengan proyek Delta work ini, hingga saat ini Belanda terhindar dari ancaman banjir, bahkan amukan laut. Keberhasilan tersebut tak membuat Belanda puas, merka terus berinovasi delam mengembangkan proyek tersebut. Mengingat isu global, pemanasan global maka belanda terus melakukan riset untuk mencegah datangnya ancaman global tersebut. 

Refference :
- http://www.7wonders.org/wonders/europe/netherlands/rotterdam/delta-works.aspx 
- http://www.wired.com/science/planetearth/magazine/17-01/ff_dutch_delta?currentPage=all

Comments

Popular posts from this blog

“ Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi “

Teori Komunikasi Massa

NEGOSIASI