Hiking Itu menyenangkan


Survival Marsipala 2011
26 december  2011 

MPM & BPH 2011 selesai kegiatan  dok. Marsipala


Heii guys,,,ada gk diantara kalian yang punya pengalaman seru di Gunung, atau dihutan??? Atau ada gak yang pernah tinggal di tengah tengah hutan selama  9 hari dengan peralatan seadanya??
Nah gw pengen ceritain pengalaman gw saat ikutan kegiatan Survival di gunung Pangrango, Cibodas.
Survival merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh organisasi pecinta alam di Universitas Tarumanagara, MARSIPALA. Kegiatan ini dilakukan sebagai proses pendidikan dan pelatihan sekaligus penyeleksian bagi anggota baru. Jadi saat itu para anggota baru yang dididik akan diuji kelayakannya menjadi anggota.

Untuk Survival kali ini, angkatan 2011, diadakan di Gunung Pangrango, Cibodas- Jawa Barat. Kegiatan yang dilaksanakan mulai 26 december hingga 3 januari ini, diisi dengan serangkaian acara dengan format yang berbeda tiap tahunnya.   Calon Anggota baru  ( ca-ang ) atau yang lebih akrab disebut massa pendidikan Marsipala ( MPM ), Sebelum mengikuti survival terlebih dulu telah dibekali dengan materi materi yang relevan dengan kegiatan teRsebut, bahkan tiap sabtu para MPM ini diwajibkan mengikuti kegiatan Latihan fisik di kampus I untar. Latihan fisik ini bertujuan untuk mempersiapkan fisik mereka  agar mampu beradaptasi dengan situasi gunung yang extreme dan berbeda dengan di Jakarta. Latihan fisik dan materi ini, biasanya diberikan dan dipantau oleh BPH ( Badan pengurus harian ) bahkan ada juga dari alumni yang menyenpatkan waktu untuk berbagi pengalaman bersama.

Untuk survival 2011, terdiri atas 4 kelompok masing – masing :


Kelompok 1
-          Daven 
-          Susana
-          Isma dhani

Kelompok 2
-          Lukman
-          Uban
-          Santa (  cancel )

Kelompok 3
-          Andri
-          Maggie
-          Dwi Chandra

Kelompok 4
-          Enos Rudy
-          Mika
-          Alham  ( cancel )


MPM & KOOR 2011  dok. Marsipala






Seminggu menjelang 26 December, telah terliat kesibukan para MPM, mulai dari mempersiapkan perlengkapan pribadi hingga barang kelompok.  Pesiapan yang dilakukan dalam minggu minggu Ujian Akhir Semester ( UAS ).

3 hari menjelang survival  persiapan yang tersisa adalah komsumsi selama 9 hari. Para MPM pun menuju Carefour Central Park, untuk berburu bahan makanan. Dalam hitungan detik troly troly carefourpun telah penuh dengan belanjaan yang menguras isi dompet,,,hahahahaha
setelah semua perlengkapan pribadi maupun kelompok telah dilengkapi, kini saatnya packing. packing packing packing,,,,semua barang masuk carrier ( tas gunung ). Semua MPM merasakan beratnya membawa carrier, teman yang akan menemani kita digunung selama 9 hari. Berat berat berat, semua merasakan itu.

Setelah packing semalaman, dan mempersiapkan diri. Hari itupun tiba, 26 december 2011, 11 MPM akan  berteman dengan gunung dan kekejamannya.
packing lagi,,,dok. marsipala


Pagi itu, tiba di Untar, salah satu MPM karena lasan kesehatan  dengan berat hati tidak bisa mengikuti  survival, finaly MPM yang ikut hanya 10 orang. Tepat pukul 10 am, semua mpm telah berkumpul di secretariat Marsipala lt 7 gdg teknik. Setelah di briefing, kami di suruh lagi untuk membongkar isi carrier, dan diperikasa kelengkapan yang dibawah. Setelah lengkap kami boleh  packing lagi.
Setelah packing kami membeli makanan dan makan bersama, kemudian briefing lagi, diberi arahan, dan dilepaskan secara resmi  oleh ketua dan BPH menuju Cibodas.
Sebelum berangkat dipilh seoarng jendral yang akan memimpin perjalanan higga tiba di cibodas. Dengan kesiapan hati kami pun berjalan menuju cibodas.

Dari cibodas kami menumpangi bus menuju Cianjur bersama BPH. Dari cianjur menyewa 2 angkot menuju cibodas. Setibanya di Cibodas hawa dingin telah terasa. Pemanasanpun dilakukan sebelum melanjutkan perjalanan. Setelah menyusuri jalanan aspal, hingga tiba di dekat sungai, kamipun berhenti sejenak untuk makan. Disinlah kegiatan masak perdana kami dengan menggunakan lilin paraffin dan nesting.

Setelah makan kami diarahkan berjalan menuju kaki gunung tepatnya di kawasan pinus. Berjalan ditengah kegelapan menyusuri ladang penduduk. Setibanya kami dipohon pinus, Kami di briefing lagi untuk melanjutkan perjalanan tapi kali ini hanya MPM, tanpa ditemani BPH.  Inilah malam perdana kami berjalan dengan mengandalkan kompas, dam tali rafiah yamh diikat sebagi jejak kami. Malam semakin larut, kamipun bergegas berjalan menyusuri gunung Pangrango.

Malam itu, kami bersepuluh berjalan bersama, saling menguatkan hingga tiba di puncak geger bentang disaat matahari telah tinggi, gerimis, dan dingin. Untuk tiba di puncaknya kami harus meminta bantuan pada hardnes untuk manjat ke atas,,,wkwkwkw.

Banyak hal yang tak dapat diceritakan disini, banyak rahasia Negara,,tapi intinya alam akan bersahabat dengan orang yang ramah padanya, gunakanlah apa yang alam sediakan dengan cermat, kebersamaan dan kekompakan adalah cara jitu menaklukan kekejaman alam khususnya sangat dingin di gunung and the last but most important to noted “ Keep positive”.


Comments

Popular posts from this blog

“ Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi “

Teori Komunikasi Massa

NEGOSIASI