Evaluasi Psikologi Komunikasi II


Psikologi Komunikasi II
1. Apa itu memori
2. Polarisasi dlm klmpk
3. Persepsi, contoh ?
4. Pengaru media massa ke prilaku manusia
5. Hearing n listen ? Mendengar pasif n aktif apa yg mempengaruhi keefektifan komunikasi klmpk

Memori : tmpt penyimpanan data sekaligus tmpt pemanggilanny kembali. Data" tsb yg menjd dsr penilaian" yg logis thdp suatu hal
Polarisasi dlm klmpk itoe thp ke 4 d proses dlm klmpk
Polarisasi : kecenderungan klmpk mempengaruhi anggota utk pny sifat yg ekstrim bs trjd krn argumentasi yg mendukung sikap tertentu dlm pertemuan anggota klmpk
Memori: proses penyimpanan informasi dan memanggilnya kembali

*Persepsi:
1. proses pemberian makna pada sensasi sehingga manusia memperoleh pengetahuan baru. Persepsi juga bertugas untuk mengubah sensasi menjadi informasi dan atau memberikan makna pada stimuli inderawi.
2. Pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

*Pengaruh media massa ke perilaku manusia:
1. Efek ekonomis
2. Efek sosial
3. Efek pada penjadwalan kegiatan(ngaret)
4. Efek pada penyaluran atau penghilangan perasaan tertentu
5. Efek pada perasaan orang terhadap media


5.hearing:mendengarkan suara
listening:menangkap makna dari suara yg kita dengar
aktif:mnuntut agar mampu menempatkan diri sbg pihak yg mnympaikan pesan(empati).kita harus berkonsentrasi dan memahami sepenuhnya isi pesan

pasif:menempatkan diri spt recorder(perekam).semua kata kita masukkan kedalam memori baik penting dan tidak penting shg tidak dapat dibedakan.kita ingat apa yang dikatakan tapi tidak dimengerti

yang mempengaruhi keefektifan kelompok adalan mendengarkan aktif,karena kita berempati dan memahami sepenuhnya isi pesan


PSIKOLOGI Komunikasi III
1. Jelaskan yang Anda ketahui mengenai Komunikasi Intrapersonal.
2. Jelaskan yang Anda ketahui mengenai Berpikir Kreatif.

Top of Form
1.komunikasi paling awal yang terjadi dalam diri kita sendiri yg berlangsung dengan sendiri nya tanpa kita inginkan atau kita kehendaki. Komunikasi in terdiri dari 4 proses....pertama :
-sensasi : penginderaan pertama yg muncul saat kita menilai suatu objek yg ad d skitar kita melalui indera2 yg kita miliki seperti telinga dan mata.
-persepsi : pandangan sekaligus penilaiian terhadap sesuatu objek yg kita berikan dgn spontan menurut pengalaman yg kita miliki.
-memory : tempat penyimpanan data sekaligus tempat pemanggilan ny kembali. Data2 yg tsb yang menjadi dasar penilaiian2 logis kita terhadap suatu hal.
- proses berpikir : setelah melalui semua tahapan di atas, kemudia di proses dlm pikiran sehingga menciptakan suatu feedback atau komunikasi.

Keempat pokok bahasan di atas berlangsung secara proses dan berurutan. Dimulai dari sensasi,persepsi,memory, dan di proses dalam pikiran sehingga dapat memberikan feedback terhadap keadaan yg terjadi saat itu. Semua hal tsb berlsg dgn sgt cepat dalam diri kita.

2. Berpikir kreatif : berpikir untunk memunculkan ide2 baru atau gagasan baru yg belum pernah ada.

Berpikir kreatif harus memenuhi 3syarat :
- kreatifitas melibatkan respons atau gagasan baru
-keratifitas adalah dpt memecahkan persoalan secara realistis
-kreatifitas adalah usaha untuk mempertahankan suatu insight yg orisinal,menilai,dan mengembangkan ny sebaik mungkin.

Proses berpikir kreatif :
-Orientasi : masalah dirumuskan dan aspek2 mslhg di indentifikasikan
-preparasi : pikiran berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yg relevan dgn mslh
-inkubasi : pikiran beristirahat sbntr , ketika berbagai pemecahan masalah berhadapan dgn jalan buntu
-iluminasi : masa inkubasi berakhr ketika pemikir memperoleh semacam ilham
-verifikasi : tahap terakhr unuk menguji dan scara kritis menilai pemecahan mslh yg di ajakan pda tahap ke empat.

Faktor yg scara umum mempengaruhi cara berpkir kreatif :
-kemampuan kognitif : kemampuan melahirkan gagasan2 baru
-sikap yg terbuka : org kreatif mempersiapkan diriny menerima stimuli internal dan eksternal, ia memiliki minat yg beragam dan luas
-sikap yg bebas, otonom dan percaya diri sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

“ Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi “

Teori Komunikasi Massa

NEGOSIASI