Hiking itu Menyenangkan - Gn. Papandayan

Seminggu lagi kesibukan sebagi mahasiswa semester V akan segera dimulai. Terpikir oleh saya kembali dalam suasana mahasiswa yang penat dengans erangkaian tugas dan rutinitas yang kadang membosankan.
Maka dengan mengubah peribahasa Bersusah susah dahulu berenang renang ketepian menjadi Bersenang senang ke gunung berbosan bosan pas kuliah, saya lalu memutsukan mendaki Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat.

Gunung Api yang masih aktif ini, memeiliki ketinggian 2.665 meter dpl. Gunung Papandayan sendiri memiliki beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.
Perjalanan kali ini, saya bersama teman teman Marsipala Eric Fernando, Santo Lie, dan Susana Kho.

kami meninggalkan basecamp ( Secret Marsi ) pukul 13.00 menuju Kampung Rmbutan Dengan Trans Jakarta. di Kmapung Rambutan kami menumpangi bus arah Bandung. perorang dikenai biaya Rp. 40.000,-. Perjalanan dari kp. Rambutan Memakan waktu 4 jam. kami tiba malam sekitar pukul 9 malam.

Dari terminal Garut kami bersitirahat sejenak dan berangkat menuju Cikajang dengan menggunakan angkot. ongkos angot sekitar Rp. 7000,- / org. Perjalanan ke Cikajang memakan waktu 1 jam. Udara malam Garut begitu dingin dan menusuk, setelah turun di Cikajang, kami masih harus menempuh perjalan 12 KM menuju pintu masuk Gunung Papandayan. disini kita bisa menggunakan ojek dengan biaya sekitatar  Rp. 35.000,- / org atau charter mobil bak tebuka. karena kami berempat kami memutuskan mencatre mobil bak dengan biaya Rp. 60.000,-.

Setiba di pos jaga, kami mendaftarkan diri dan beristirahat di pondokan menunggu pagi dan memulai pendakian.
jalur yang kami pilih adalah menuju Pondok Salada kemudian menuju mngecamp di Puncak tertingginya Tegal Alun. Perjalanan kami mulai pagi sekitar Pukul 10.00. Cuaca siang memang sangat panas dan teriK. Belum lagi bau belerang. Namun tak lama setelah itu kita bisa menikmati pembandangan yang luar biasa indahnya.

Perjalanan hingga puncak tertinggi Tegal Alun bisa ditempuh dengan waktu Normal 8 jam hingga turun.
Pengalaman yang menyenangkan sebelaum memasuki rutinitas Kuliah. Papandayan merupakan gunung yang patut dicoba mengingat tracknya yang landai dan pemandangan yang indah,

Popular posts from this blog