Materi Strategi Perencanaan Promosi


Produk
1.    Introduction
-          Para pembuat iklan selalu menganalisa permasalahan klien sebelum membuat sebuah iklan
-          Jika permasalahan klen adalah menurunnya  permintaan maka analisa produk dan brand menjadi awal investigasi
2.    
 What is prodct
-segalah sesuatu yang ditawarkan kpd pasar utk mearik perhatian, akuisisi, pengguna atau komsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan.
Produk bisa berbentuk barang dan jasa
Apakah mungkin produk barang tidak memerlukan jasa?

Tahapan produk terbagi atas 3 bagian :
-manfaat inti
-produk actual
-produk tambahan


HOW DO YOU PROMOTE THE MOST INOVATIVE DRIVE TECNOLOGI IN THE WORLD?

Contoh Video : KRYPTONYTE ( Youtube )


What is product stage: 


                                                      After Sale

                          brand                                          Riset

     kirim                                           Inti                                      jaminan

                     kualitas                  kemasan              desain

                                                     Instalasi                      




Contoh video Baygon :


Manfaat inti ;
-          Manfaat inti adalah kebutuhan konsumen dari seluruh product
-          Marketing research adalah alat untuk mengetahui kebutuhan target market

Kualitas:
-          Bebas dari kerusakan
-          Kemampuan produk dalam memuaskan konsumen ( the American Society for Quality )
-          Dimensi Kualitas adalah kinerja dan konsistensi ( pemastian kualitas )

Fitur :
Adalah tambahan fungsi yang terdapat pada produk yang membedakan dengan produk yang lain.
Contoh : Iphone 4S

Gaya dan Design :
-          Gaya adalah gambaran penampila produk
-          Design adalah konsep yang menampilkan produk dari memberikan manfaat bagi konsumen

Kemasan :
-          Tempat penyimpanan produk
-          Fungsi utama adalah menyimpan dan melindungi produk
-          Kemasan yang baik adalah kemasan yang mampu menciptakan pembelian produk
-          Inovasi kemasan; bentuk dan pewarnaan yang mampu menampilkan nama brand dan pesan produk dengan baik
Brand  :
-          brand adalah roh bagi produk
-          brand adalah identitas bagi produk
-          bagi beberapa konsumen, brand adalah bagian dari cara hidup mereka
-          brand memiliki kemampuan positioning, tempat produksi dan memprjelas produk

brand pemilik positioning :
  Apple


Ferrari


Brand yang perjelas Produk dengan asal produk :
-          Swatch ( Swiss Watch )



Perilaku Konsumen
Model perilaku konsumen :
-          Hingga saat ini para peneliti berusaha untuk mencari penyebab konsumen memberikan putusan untuk membeli sebuah barang
-          Saat ini memang telah ditemukan beberapa factor yang menyebabkan konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk barang dan jasa
-          Factor pemasaran dan budaya

Faktor pemasaran ;
-          Produk
-          Harga
-          Tempat
-          Promosi


-     Keberhasilan sebuah produk ditentukan oleh seberapa jauh produsen mengenal konsumen agar produk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya
-        
  Persepsi produsen = ekspektasi Konsumen
-          Apa yang ada di dalam benak kamu ketika mendengar kata “ Harley Davidson “

-          What about Vespa


Harga :
-          Didalam memberikan nilai pada suatu produk memerlukan perhatian khusus agar harga yang diciptakan dapat sejalan denagn citra produk
-          Tissot vs swtch

Promosi :
-          Produsen perlu mengkomunikasikan produknya sesuai dengan tingkat kemampuan target konsumen didalam memahami isi pesan
-          Isi pesan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi target konsumen.

Tempat :
-          Tempat pendistribusian barang harus sesuai dengan citra produk
-          Penempatan produk didaerah pemasaran diperlukan ketetapan waktu

Budaya :
-          Factor budaya mempengaruhi penentuan konsumen didalam membeli produk
-          Menggunakan bahasa daerah yg  dijadikan target konsumen menjadi pendekatan efektif dalam mempengaruhi konsumen Hispanik pada iklan yang dibuat oleh Procter dan Gamble.

Social :
-          Factor social ikut memberi andil didalam mempengaruhi prilaku konsumen
-          Variable factor social antara lain seperti kellompok kecil, keluarga, peran dan status social.


Contoh iklan : Live Guard



Riset Pasar :

Marketing research > product & brand >target market >competitiors > media >message productions ( positioning )>scheduling.

Marketing Research :
-          Kegiatan periklanan selalu diawali dengan kegiatan riset pemasaran
-          Kegiatan riset dilakukan oleh agen periklnan untuk mengenal masalah yang dihadapi klien dan menciptakan pesan yang mampu mempengaruhi target market
-          Riset pemasaran adalah desain, kumpulan, analisis, dan laporan sistematis tentang data yang berhubungan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi sebuah organisasi ( Philip Kotler)
-          Pendefinisian masalah yang akurat menentukan keberhasilan eksekusi pean yang efektif
-         
 Proses riset pemasaran :
1.       Mendefinisikan masalah dan tujuan riset
Klien / produsen perlu berkomunikasi dengan Account Exexcutive / perwakilan agency periklanan dalam menentukan objek permasalahan

2.       Mengembangkan rencana riset dan mengumpulkan informasi
Beberapa pertnayaan yang perlu dijawab :
-          What do you need to advertise your products or brand ?
-          What is your product or brands?
-          Have you ever doing marketing communications your product  or brands to your target market before? When was it happening? What was the media channels? Ehwt is the result?
-          How much is the budget for your next marketing communication?

Setelah definisi permasalaha telah dibuat langkah selanjutnya adalah merencanakan pengumpulan data dari external perusahaan ( konsumen, competitor, dan pulikasi )
Pengumpulan data dari pihak konsumen adalah untuk mencari tahu cara pandang konsumen terhadap brand dan roduk.
Pencarian data data competitor adalah untuk mencari tahu perkembangan brand, dan produk dan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh competitor
Pencarian data publikasi media adalah untuk mencari berita berita yang berkaitan denagn brand dan produk klien.


3.       Implementasi rencana riset


4.       Menerjemahkan dan melaporkan hasil tujuan



reff : ppt Materi kuliah Strategi  & Perencanaan promosi



















































Comments

Popular posts from this blog

“ Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi “

Teori Komunikasi Massa

NEGOSIASI