Motivasi dalam berkreasi.

Creative Thinking
Apa yang anda rasakan ketika anda berkreasi atau melakukan proses creative. apa sebenarnya motivasi dan alasan yang membuat beberapa orang menjadi kreatif dan berimplikasi kepada kesuksesan??
a.      Da Vinci membuat berbagai lukisan / rancangan
b.      Tomas Alfa Edison menemukan lampu listrik
c.       Chairil Anwar menulis Puisi
d.      Rowling menulis buku Harry Potter
e.       Shinta & Jojo menyanyikan lagu keong Racun

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kreatif merupakan kata sifat yang mengandung arti : memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan;  bersifat (mengandung) daya cipta: pekerjaan yg -- menghendaki kecerdasan dan imajinasi.  Sedangkan menurut (Hurlock dalam Basuki, 2010), Kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, dalam bentuk suatu gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru Karena itu sebuah proses kreatif selalu dilatar belakangi oleh berbagai hal / factor pendorong. Setiap orang yang berhasil menciptakan hal- hal atau ide kreatif selalu memiliki kisah unik dibalik semuanya itu.

Menurut  saya pribadi, Kreatif adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, seperti  gagasan maupun sesuatu yang nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya sehingga menciptakan sesuatu yang baru dan bernilai tinggi. Kreatifitas juga berkaitan erat dengan bakat.  Bagi saya pribadi untuk menjadi kreatif dalam berkreasi ditentukan oleh factor internal dan eksternal. Faktor internal adalah factor pendorong dari dalam diri kita sendiri, seperti motivasi yang medorong kita untuk melakukan sesuatu baik untuk menunjukan eksistensi maupun untuk mengaktualisasikan diri kita dalam lingkukngan pergaulan.

Selain itu proses kreatif yang selama ini saya lakukan juga saya peroleh dari pengalaman. Seperti kata pepatah ppengalaman adalah guru yang baik. Maka dari pengalaman melihat berbagai hasil kreatif dari orang lain, hasil -  hasil yang telah ada, saya biasanya mengkombonasikannya dengan ide lainnya. Dari pengalaman ini kita bisa menciptakan sesuatu yang baru. Semua orang kreatif pasti belajar dari pengalamannya. Selain itu ada juga factor eksternal, yaitu hal hal diluar diri kita yang mendorong kita untuk kereatif. Hal hal ini seperti lingkungan keluarga, pergaulan, penghargaan, dll. Bila keluarga selalu mendorong kita dengan bakat kita, memberikan kita keluwesan untuk bergerak dan berkreasi maka kita akan selalu memiliki ide ide kreatif diluar kebiasaan, karena telah selalu diberikan kesempatan untuk berkreasi. Begitu juga dengan lingkungan pergaulan, bila dalam pergaulan kita selalu didorong untuk berkreasi maka kita akan mampu menghasilkan sesuatu yang kreatif dan berbeda. Demikian juga dengan penghargaan. Banyak orang sukses dan creative terdorong karena terkucilkan dari pergaulan, kurang dihargai, sehingga mereka terdorong untuk melakukan hal hal baru, kreatif untuk dapat memperoleh penghargaan dan dihargai.
Untuk melihat hal hal itu kita bisa belajar dari beberapa orang yang sukses karena kekreatifan mereka, sehingga nama mereka mendapatkan pernghargaan dan tempat khusus dalam masyarakat.
A.     
 Leonardo Davinci
Leonardo da Vinci  adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai jenius universal.
(lahir di Vinci, propinsi Firenze, Italia, 15 April 1452 – meninggal di Clos Lucé, Perancis, 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun). Ia  terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir / the last supper dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan juga kuliner.

Dari kisah hidupnya, Da Vinci sejak kecil telah senang melukis. Melukis merupakan passionnya, bahkan dia sering diberi kebebasan untuk berkreasi. Zaman dimana Da vinci tumbuh adalah zaman berkembang seni dan ilmu pengetahuan, sehingga banyak hal yang dapat dipelajari. Selain sebagi pelukis Davinci juga belajar dari lingkungannya untuk membuat bangunan arsitektur dengan sistem sanitasi, dll. Semua itu ia pelajari dari lingkungan diman ia berada. Ia juga membuat rancangan pesawat terbang dengan melihat cara burung terbang, disini ia menunjukan bahwa ia belajar dari pengalaman dan lingkungannya. Ia juga secara diam diam mempelajari anatomi manusia, di zaman dimana hal tersebut dilarang. Namun karena keingintahuan yang tinggi dan pemikirannya yang berbeda dengan zamannya ia mampu membuat perubahan dengan berbagai temuan dan hasil karyanya yang bernilai tinggi.

Selain itu, Da Vinci juga selalu mendapat pujian serta mampu bekerja untuk orang orang penting saat itu seperti king Henry, dll. Hal ini tentu saja mendorong dirinya untuk terus berkreasi karena dihargai, dan memperoleh pengakuan dari semua orang terutama orang orang penting.  Hal inilah yang menjadikan orang creative yaitu kepercayaan dan percaya pada kemampuan diri sendiri. Hal ini membuat kita berusaha melakukan sesuatu yang berbeda dari orang lain.

B.      Thomas Alva Edison

 Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847. Tahun 1954 orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan. Edison pun tumbuh besar di sana. Sewaktu kecil Edison hanya sempat mengikuti sekolah selama 3 bulan. Gurunya memperingatkan Edison kecil bahwa ia tidak bisa belajar di sekolah sehingga akhirnya Ibunya memutuskan untuk mengajar sendiri Edison di rumah. Kebetulan ibunya berprofesi sebagai guru. Hal ini dilakukan karena ketika di sekolah Edison termasuk murid yang sering tertinggal dan ia dianggap sebagai murid yang tidak berbakat.

Meskipun tidak sekolah, Edison kecil menunjukkan sifat ingin tahu yang mendalam dan selalu ingin mencoba. Sebelum mencapai usia sekolah dia sudah membedah hewan-hewan, bukan untuk menyiksa hewan-hewan tersebut, tetapi murni didorong oleh rasa ingin tahunya yang besar. Pada usia sebelas tahun Edison membangun laboratorium kimia sederhana di ruang bawah tanah rumah ayahnya. Setahun kemudian dia berhasil membuat sebuah telegraf meskipun primitive namun berfungsi.

Tahun 1877 ia menemukan phonograph. Pada tahun ini pula ia menyibukkan diri dengan masalah yang pada waktu itu menjadi perhatian banyak peneliti: lampu pijar. Edison menyadari betapa pentingnya sumber cahaya semacam itu bagi kehidupan umat manusia. Oleh karena itu Edison mencurahkan seluruh tenaga dan waktunya, serta menghabiskan uang sebanyak 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun untuk percobaan membuat lampu pijar. Persoalannya ialah bagaimana menemukan bahan yg bisa berpijar ketika dialiri arus listrik tetapi tidak terbakar. Total ada sekitar 6000 bahan yang dicobanya. Melalui usaha keras Edison, akhirnya pada tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam.

Dari kisah Edison terlihat bahwa, keingintahuan bersal dari diri sendiri, dari keingintahuan dan usaha maka akan menciptakan sesuatu yang kreatif dan bermanfaat. Edison meskipun tak bersekolah, bukan asalh besar bagi dia untuk berkarya. Bahkan demi memperoleh jawaban atas keingintahuannya ia melakukan berbagi cara termasuk bekerja keras mengumpulan uang untuk proyek dan laboratoriumnya seperti menjual koran, apel, dll di stasiun kereta. Dulu orang mengenalnya sebagi pribadi yang bodoh kini namanya tersohor.



C.      Chairil Anwar
Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Julai 1922. Dia dibesarkan dalam keluarga yang cukup berantakan. Kedua ibu bapanya bercerai, dan ayahnya menikah lagi. Selepas perceraian itu, saat habis SMA, Chairil mengikut ibunya ke Jakarta.Semasa kecil di Medan, Chairil sangat dekat dengan neneknya. Keakraban ini begitu memberi kesan kepada hidup Chairil. Dalam hidupnya yang amat jarang berduka, salah satu kepedihan terhebat adalah saat neneknya meninggal dunia. Sesudah nenek, ibu adalah wanita kedua yang paling Chairil puja.
Sejak kecil, semangat Chairil terkenal kedegilannya. Seorang teman dekatnya Sjamsudin Ridwan, pernah membuat suatu tulisan tentang kehidupan Chairil Anwar ketika semasa kecil. Menurut dia, salah satu sifat Chairil pada masa kanak-kanaknya ialah pantang dikalahkan, baik pantang kalah dalam suatu persaingan, maupun dalam mendapatkan keinginan hatinya. Keinginan dan hasrat untuk mendapatkan itulah yang menyebabkan jiwanya selalu meluap-luap, menyala-nyala, boleh dikatakan tidak pernah diam.

Cahiril lebih dikenal sebagai "Si Binatang Jalang" (dari karyanya yang berjudul Aku ) adalah penyair terkemuka Indonesia. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan '45 dan puisi modern Indonesia.  Chairil masuk sekolah Hollandsch-Inlandsche School (HIS), sekolah dasar untuk orang-orang pribumi waktu masa penjajahan Belanda. Dia kemudian meneruskan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), sekolah menengah pertama Hindia Belanda, tetapi dia keluar sebelum lulus. Dia mulai untuk menulis sebagai seorang remaja tetapi tak satupun puisi awalnya yang ditemukan. Dari sini kita melihat bahwa kreatifitas seorang Chairil dituangkan kedalam kata kata yang tersusun dalam puisi puisinya. Puisi puisi ini sendiri merupakan hasil dari pengalaman dia sehari hari, luapan emosinya dan keinginannya untuk menulis.

D.      J.K Rowling
Joanne Kathleen Rowling atau J.K. Rowling (lahir 31 Juli 1965 di Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris). Ia menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar "New York Times best-seller" setelah memperoleh peringkat yang sama di Britania Raya. Kemudian, saat seri ke-4, Harry Potter dan Piala Api diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000, seri ini menjadi buku paling laris penjualannya dalam sejarah.

Sebagai seorang lulusan Universitas Exeter, Rowling pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris. Di sana ia menikah dengan seorang wartawan Portugis. Anak perempuannya, Jessica dilahirkan pada tahun 1993. Setelah perkawinan pertamanya berakhir dengan perceraian, Rowling pindah ke Edinburgh bersama dengan anaknya. Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi keluarganya. Semasa hidup dalam kesulitan, Rowling mulai menulis sebuah buku. Ia mendapat ide tentang penulisan buku itu sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990. Setelah beberapa kali ditolak, Rowling berhasil menjual buku Harry Potter dan Batu Bertuah untuk jumlah sebanyak $4000.inilah awal mula ide dan gagasan menulis cerita harry Potter.

Menjelang musim panas pada tahun 2000, tiga buku pertama Harry Potter : Harry Potter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia, dan Harry Potter dan Tawanan Azkaban telah memperoleh keuntungan lebih kurang 480 juta dolar Amerika Serikat dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa. lebih kurang 3 tahun buku keempat diterbitkan. Buku keenam, Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran juga telah diluncurkan secara resmi pada 16 Juli 2005.

Harry Potter and the Sorcerer's Stone telah dibuat film yang mulai tayang pada 16 November 2001. Pada awal minggu pembukaannya di Amerika Serikat, telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar 93,5 juta dolar Amerika Serikat (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film The Lost World : Jurassic Park (1999). Sekuel
film seri ini, Harry Potter and the Chamber of Secrets, mulai ditayangkan pada 15 November 2002 dan menjadi film ketiga untuk pembukaan ujung minggu terbaik dalam sejarah pecah panggung. Film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban telah mulai ditayangkan pada 4 Juni 2004.
 
Perempuan kelahiran 31 Juli 1965 itu, terhitung telah menulis tujuh novel Harry Poter. Buku kelimanya, Harry Potter and the Order of the Phoenix (2003), menyusul Harry Potter and the Half-Blood Prince (2005) dan Harry Potter and the Deathly Hallows (2007). Rowling menjadi sangat beruntung, setelah keseluruhan edisi bukunya diproduksi dalam bentuk layar lebar. Dan keseluruhannya merengkuh kesuksesan yang luar biasa.

Disini kita dapat melihat bahwa proses kreativitas dapat berasal dari lingkungan sekitar kita. Rowling dengan tunuttan ekonomi mampu menghasilkan buku buka yang luar biasa bukan hanya memberikan ia penghargaan tapi juga memberikan dia keuntungan yang besar secara financial. Orang dapat creative karena desakan dan kebutuhan disekitar kita dengan factor inilah kita menjadi terdorong untuk berkarya dan berkreasi.

E.       Sinta dan Jojo

Perkembangan teknologi informasi dan jejaring social seperti youtube, ternyata mampu menjadi media yang ampuh bagi orang kreatif untuk berkreasi dan menunjukan eksistensi. Hal ini juga yang dilakukan oleh duo Shinta dan Jojo. Nama Sinta dan Jojo mungkin tidak dikenal publik pada awal 2010, namun nama ini tiba-tiba mencuat dan menjadi pemberitaan di banyak media di Indonesia pada pertengahan 2010. Lagu Keong Racun-lah yang membawa dua gadis belia ini ke puncak ketenaran dan kehidupan yang benar-benar berbeda dari kehidupan sehari-hari mereka sebagai seorang mahasiswi.

Jojo, yang bernama asli Jovita Adityasari adalah seorang gadis yang berusia sekitar 20 tahun yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Pasundan angkatan 2008.  Jojo sendiri tinggal di Cimahi, di rumah yang sering dijadikan keduanya sebagai tempat merekam adegan lipsync mereka. Sedangkan Sinta bernama lengkap Sinta Nurmansyah adalah seorang gadis yang menempuh pendidikan di UPI. Sinta dan Jojo adalah teman lama, semenjak masa SMA, namun mereka terpisah ketika harus berkuliah di universitas yang berbeda. Keduanya mengaku sering merekam adegan lipsync untuk beberapa lagu, seperti Keong Racun, Cinta Satu Malam, Dokter Cinta, Jangan Lebay, dan masih banyak lain. Beruntung, lagu Keong Racun-lah yang menarik perhatian banyak orang, ketika mereka meng-uploadnya ke Youtube. Rekaman lipsync mereka menjadi pembicaraan menarik karena aksi menggemaskan dari keduanya. Bahkan penyanyi aslinya tak seterkenal mereka. Hanya bermodalkan lypsinc dan youtube, mereka mampu menciptakan sesuatu yang unik, yang mampu membuat orang mengenal dan menyukai mereka. Inilah proses creative yang berasal dari pengalaman dan pengetahuan akan ide ide baru dan cemerlag. Mengingat tahun 2010 banyak sekali artis youtube yang terkenal mendadak, merekapun mengikuti jejak tersebut dan ternyata sukses luar biasa dari apa yang mereka  predisksi / harapkan.

kesimpulan
Dari kisah kisah diatas kita bisa menyimpulkan bahwa proses dan motif dalam kreatifitas itu berbeda beda sesuai dengan pengalaman setiap orang. Ada orang yang terlahir dengan bakat tertentu untuk menjadi kreatif, namun kreatif itu bukan hanya milik mereka yang terlahir dengan bakat itu, namun kita semua bisa menjadi kreatif bila kita memiliki keinginan yang tinggi dan usaha yang besar untuk mewujudkannya. Kreativitas dahulu dianggap sebagai ”anugrah yang ajaib”, yang hanya dimiliki oleh segelintir orang.  Sekarang kita tahu bahwa kecerdasan merupakan anugrah ajaib yang dimiliki semua orang. Menguraikan kekuatan kecerdasan kreatif hanyalah masalah memahami bagaimana melakukannya . Belajarlah dari para orang kreatif ini bahwa apapun yang menghalangi tetaplah jadi diri kita sendiri dengan menjadi diri kita mampu menghasilkan sesuatu yang orisinil kita. Ide orisinil inilah yang membedakan kita dengan orang lain. Dari sinilah kita menemukan kreativitas kita. Kreatif bisa diasa, jadi teruslah berkreasi dan jangan takut untuk melakukan seuatu yang berbeda. Jadilah diri sendiri, sebab kretif adalah dengan menjadi diri sendiri. 

reference :
www.wikipedia.com
www.biography.com 
www.kbbi.online.com

Comments

Popular posts from this blog

“ Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi “

Teori Komunikasi Massa

NEGOSIASI